Font untuk Bahasa Jepang

Bismillah...
Saya termasuk salah satu yang senang berburu fonts. Bagi saya fonts itu wajib untuk dikoleksi bagi orang-orang yang senang editing gambar atau desainer grafis. Nah, untuk bahasan kalli ini, karena blog ini saya khususkan untuk belajar bahasa Jepang dan wawasan tentang Jejepangan, maka saya akan membahas Font untuk bahasa Jepang.
Tidak cukup sulit untuk menemukan situs-situs yang akan saya tampilkan di bawah nanti, cukup mensearchnya di mbah Google, dengan keywords yang cukup panjang (hehe,biar spesifik), dan saya menemukan pembahasan tentang situs-situs font untuk bahasa Jepang di situs sohtanaka.com.
Banyak situs-situs yang direkomendasikan oleh tanaka-san(hee), dan di antaranya ada juga situs-situs berbahasa Jepang yang tidak saya mengerti T-T. Berikut situs-situs yang font-font Jepangnya habis disedot oleh saya :


‘Keren’ kata yang cukup mewakili situs ini. Tampilannya pakai flash, dan membuat kita serasa main game. Cuma tampilan icon-icon fontsnya kecil, jadi kita tidak tahu yang mana fonts bahasa Jepang atau yang bukan. Tapi sugooiii lah! Saya tidak bisa mengungkapkannya  dengan kata-kata, jadi langsung saja cek situsnya di sini.



Pertama liat tampilan situs ini, Cuma satu kata yang terlintas di benak saya : aneh. Disambut oleh alien, dan ternyata cara menampilkannya seperti cara alien. Tapi situs ini yang paling saya suka karena tampilannya yang simpel, dan font-font sangat mudah didownload (karena sebelumnya saya download font biasa di dafont.com, tapi gagal semua..hiks..curhat..hee). Selain itu, bentuk-bentuk hurufnya pun macem-macem, dan banyak font lain selain untuk Bahasa Jepang. Kekurangan lainnya, tidak ditampilkan secara list, jadi kita mesti ngeklik satu-satu, satu layar cuma satu jenis font.

Mm..sepertinya Cuma 2 situs ini yang saya rekomendasikan, tapi Insya Allah akan saya update. Kalau ingin situs yang lebih banyak, bisa kunjungi sohtanaka.com, dan artikelnya bisa dilihat di sini
Good Luck!@^.~ (fie)

Catatan :
Font-font yang berhasil anda download nantinya tidak bisa semudah saat kita menulis huruf Jepang biasa, seperti kalau kita ketik “ru” maka akan langsung muncul “”. Ataupun kita ketik seperti biasa, lalu kita blok, dan merubahnya ke font yang sudah kita download, hal ini pun tidak berhasil (sudah dicoba). Karena fontnya rata-rata bikinan orang Jepang, maka keyboardnya pun mode Jepang (mungkin lho ni juga..hehe). Namun sisi positifnya, bagi komputer yang belum terinstall bahasa Jepang, Font ini masih bisa digunakan.

Komentar

  1. Mau ikut nambahin, teh. Yang ini tipe-tipe Unicode, jadi kalau kita ketik "a" bisa keluar ”あ”. Font-nya lucu-lucuuu, lumayan bisa buat bikin hagaki :3

    http://cooltext.com/Fonts-Unicode-Japanese
    http://www.kfstudio.net/himaji/
    http://www.graphicartsunit.com/gaupra/font_a.html
    http://www.wazu.jp/gallery/Fonts_Japanese.html

    Ada juga di
    http://www.alanwood.net/unicode/fonts-east-asian.html#japanese
    tapi belum sempet download di situ jadi belum tahu gimana bentuk font-nya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 Situs Download dan Baca Komik Gratis

Kotoba #2 ほっといて!  (Hottoite!)