Install Bahasa Jepang di Windows


Rasanya wajib bagi yang ingin belajar bahasa Jepang untuk menginstall bahasa Jepang di PCnya. terutama bagi anda yang sedang terdaftar sebagai seorang pelajar yang mempelajari bahasa Jepang.
Cara penginstallannya pun cukup mudah, dan akan saya paparkan langkah-langkahnya dilengkapi gambarnya juga.^o^
Buka Control Panel, pilih Regional and Language Options

Selanjutnya pilih tab Languages, dan anda akan melihat tampilan seperti ini :



Pastikan yang saya beri bulatan merah sudah terchecklist semua, jika tidak, berarti anda perlu menginstallnya dengan cara mengchecklistnya (biasanya Windows Vista ke atas sudah terinstall), dan anda perlu CD Windowsnya untuk menginstall, lalu ikuti sesuai apa yang diperintahkan (biasanya tinggal klik ‘OK’-‘OK’ aja, atau ‘NEXT’-‘NEXT’..heuheu)

Jika sudah, klik Details



lalu di menu Setttings, Klik add untuk menambah jenis bahasa pada keyboard


Pilih Japanese


Selanjutnya klik OK, lalu Apply. dengan begini anda sudah bisa menulis dengan bahasa Jepang. Dan untuk memastikan bahwa komputer anda juga bisa ‘membaca’ bahsa Jepang, klik tab Advanced, dan pastikan bahasa Jepang sudah terchecklist seperti di bawah ini


Klik OK untuk mengakhiri semuanya (walahh..^^)
Nah, sekarang saatnya mencoba menulis dengan bahasa Jepang. Pastikan Language Bar anda sudah diubah ke mode bahasa Jepang (jika Language Bar tidak ada, klik kanan di area taskbar, pilih toolbars, klik Language Bar), dan jangan lupa juga untuk membuka Notepad terlebih dahulu, atau Ms Word.


Di mode ini, anda masih bisa mengetik seperti huruf biasa, dan untuk merubahnya ke huruf hiragana, tekan ALT + ~, (tombol ~ berada di pojok kiri, di bawah tombol Esc). Jika anda ketik “ai” (di Ms Word misalnya, atau di Notepad) maka otomatis output pada monitor adalah huruf  あい, danuntuk mengubahnya menjadi huruf kanji, cukup klik spacedan berubah menjadi : , namun jika bukan kanji ini yang anda maksud, maka tinggal klik space dua kali, lalu akan muncul pilihan penulisannya, misalnya yang anda maksud adalah kanji : 会い, 合い, dan lain-lain.

Oke, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!@^.~ (fie)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 Situs Download dan Baca Komik Gratis

Kotoba #2 ほっといて!  (Hottoite!)