Kotoba #1 Shame on you!


Bismillah.
Well, this is my new category at my blog : KOTOBA.
Kotoba dalam bahasa Jepang berarti 'kata' ditulis dengan kanji 言葉 (kotoba). Di segmen ini saya (kalau tulisannya rada ilmiah, saya akan menggunakan sebutan 'saya' bukan 'aku' .. haa) akan mencoba mentaarufkan*lhoo,,maksud saya memperkenalkan kotoba-kotoba dalam bahasa Inggris maupun bahasa Jepang yang sempat bikin saya penasaran.
#1
Dan di episode pertama ini, saya awali dengan basmalah, ekh, sebuah kata dari bahasa Inggris : Shame on you. Saya tidak ingat jelas bagaimana kata shame on you ini bisa bikin saya penasaran, yang jelas waktu itu saya sedang nonton film berbahasa Inggris yang disiarkan di salah satu TV swasta pada malam hari. Kalau nggak salah judul filmnya Kungfu Hustle yang saya tonton sambil menemani saya berperang melawan kecoak yang berterbangan :D.

"Shame on you!" ujar salah satu pemeran dalam film tersebut. Saya yang englishnya masih rada-rada, menilik ke subtitle yang tertera di bagian bawah : "Seharusnya kamu malu!"



Intermezzo:
Malu sebagian dari iman. Menurut saya kata-kata shame on you ini bagus untuk diingat untuk menegur diri sendiri jangan berlagak sombong (tahu diri dong..). Saya jadi teringat pada salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang juga Khulafaur Rasyidin setelah Umar bin Khattab : Ustman bin Affan. Yang bahkan karena saking pemalunya, Rasulullah pun malu kepadanya. Dikisahkan bahwa Rasulullah sedang berbaring santai dengan pakainnya tersingkap sehingga terlihat betisnya. Saat Umar berkunjung, Rasulullah bahkan berbicara tanpa mengubah posisinya. Namun ketika Utsman yang datang, Rasulullah langsung mengubah posisinya menjadi duduk. Hal ini sangat mengherankan bagi istri Rasulullah, suatu ketika, istri Rasulullah, Aisyah Ra, bertanya pada Nabi SAW. Katanya, "Ya Rasulullah, engkau tidak bersiap bagi kedatangan Abu Bakar dan Umar bin Khathab sebagaimana kedatangan Utsman." Rasulullah menjawab, "Utsman seorang pemalu. Kalau dia masuk sedang aku masih berbaring, dia pasti malu untuk masuk dan cepat-cepat akan pulang sebelum menyelesaikan hajatnya. Hai Aisyah, tidakkah aku patut malu kepada seseorang yang disegani (dimalui) oleh para malaikat?"-Al-Hadits
Just Intermezzo :)
Back to Learn Language! so, saya penasaran dengan bahasa Jepang-nya shame on you ini, akhirnya saya pinta mang google untuk mentranslatenya dari english-Japanese dan hasilnya adalah : 恥を知りなさい yang pengucapannya adalah 'haji wo shirinasai'. Saya tak serta merta percaya begitu saja apa yang diucapkan mang gugel, dan untuk membuktikannya, saya searching ke mang gugel jepun (google.co.jp) dengan bahasa Jepang tentunya, dan tercenganglah saya, benar-benar 恥を知りなさい!
Dalam sebuah artikel yang belum saya pelajari lebih lanjut (nanti insya Allah di-update lagi), memang bahasa Jepang dari shame on you adalah 'haji wo shirinasai!' yang jika dipenggal, haji=shame, wo=partikel untuk objek, dan shirinasai=ketahuilah! (bentuk perubahan kata akhiran ~nasai, digunakan untuk memohon sesuatu).


Epilog :
Kalau sekarang kamu masih sering membanggakan betapa pintarnya dirimu, atau hal-hal baik lainnya, 恥を知りなさい! (shame on you!) apa yang bisa kamu lakukan tanpa pemberian-Nya? Nothing. Astaghfirullah ... (just angry to myself)

Okeh, nanti kalau ada tambahan insya Allah bakal di-update :) 
Keep Learning, Minna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 Situs Download dan Baca Komik Gratis

Kotoba #2 ほっといて!  (Hottoite!)